Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Alkohol 70% Ampuh Membunuh Virus Covid 19 -

Cara Ampuh Membunuh COVID-19 dengan Alkoho 70%

Wabah COVID-19 pertama kali terdeteksi di Indonesia pada 2 Maret 2020. Pada saat itu, dua orang terkonfirmasi positif COVID-19 diumumkan oleh pemerintah Indonesia, berbagai kebijakan dan peratura pemerintah di buat untuk mencegah penyebaran virus covid 19 lebih luas salah satunya penggunaan Alkoho 70% sebagai disinfektan.

Alkoho 70% atau disebut juga isopropanol atau etanol  telah terbukti efektif dalam membunuh virus COVID-19. Mekanisme kerja alkohol terhadap virus ini melibatkan sejumlah tahap yang penting. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam bagaimana Alkoho 70% bekerja untuk membunuh virus COVID-19, serta aplikasi dan rekomendasi penggunaannya.

1. Mekanisme Kerja Alkohol 70% Terhadap Virus COVID-19 ( sumber info situs WHO) 

Alkohol 70% Ampuh Membunuh Virus Covid 19
Alkohol 70% Ampuh Membunuh Virus Covid 19
Klik Disini

a. Denaturasi Protein:

  • Alkoho 70% dapat merusak dan mengubah struktur protein pada permukaan virus. Protein merupakan komponen vital pada virus, dan denaturasi protein dapat menghancurkan fungsinya.

b. Kerusakan pada Lipid Envelope:

  • Virus corona, termasuk SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, memiliki lapisan lipid atau lipid envelope yang melindungi materi genetiknya. Alkohol dapat merusak dan melarutkan lapisan ini, menyebabkan kerusakan pada integritas virus.

c. Pengeringan dan Dehidrasi:

  • Alkohol juga dapat menghilangkan air dari virus dan sel tubuh manusia. Proses dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada dinding sel virus, mengakibatkan inaktivasi virus.

d. Inaktivasi Virus:

  • Kombinasi dari denaturasi protein, kerusakan lipid envelope, dan dehidrasi menyebabkan inaktivasi virus, yang berarti virus kehilangan kemampuannya untuk menyebabkan infeksi.

Baca juga : Fungsi Alkohol Selain Untuk Bir

2. Aplikasi Penggunaan Alkohol 70% dalam Pembersihan dan Sanitasi

a. Penggunaan pada Tangan:

  • Alkohol 70% sangat efektif sebagai hand sanitizer. Penggunaan yang benar melibatkan pemberian cukup alkohol ke tangan dan distribusi merata selama setidaknya 20 detik untuk memastikan pembunuhan virus.

b. Desinfeksi Permukaan:

  • Alkohol 70% dapat digunakan untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh, seperti meja, pegangan pintu, dan peralatan elektronik.

c. Peralatan Medis:

  • Dalam setting medis, alkohol 70% digunakan untuk membersihkan peralatan medis yang dapat terpapar oleh virus, termasuk termometer dan alat-alat lainnya.

d. Pembilasan Mulut:

  • Beberapa formulasi alkohol digunakan dalam pembilasan mulut untuk membantu mengurangi jumlah virus di rongga mulut.

e. Bahan Baku Pembuatan Hand Sanitizer:

  • Alkohol 70% sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan hand sanitizer yang dijual di pasaran.

3. Rekomendasi dan Pertimbangan Penggunaan Alkohol 70%

a. Konsentrasi yang Tepat:

  • Alkohol yang digunakan harus memiliki konsentrasi sekitar 60-80%. Konsentrasi di bawah 60% mungkin kurang efektif, sedangkan konsentrasi di atas 80% dapat menguap terlalu cepat.

b. Waktu Kontak yang Cukup:

  • Penting untuk memberikan waktu kontak yang cukup saat menggunakan alkohol. Menggosokkan tangan atau permukaan selama minimal 20 detik membantu memaksimalkan efektivitas.

c. Hindari Pencampuran dengan Zat Lain:

  • Alkohol harus digunakan dalam formulasi murni dan tidak dicampur dengan zat lain yang dapat mengurangi efektivitasnya.

d. Perhatikan Petunjuk Penggunaan:

  • Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan pada produk yang mengandung alkohol dan mematuhi pedoman yang diberikan oleh otoritas kesehatan.
Alkohol 70% Ampuh Membunuh Virus Covid 19 -
Alkohol 70% Ampuh Membunuh Virus Covid 19
Klik Disini

Kesimpulan

Alkohol 70% membunuh virus COVID-19 melalui mekanisme kerja yang melibatkan denaturasi protein, kerusakan lipid envelope, dan dehidrasi virus. Aplikasi alkohol 70% dalam sanitasi dan pembersihan sangat luas, mencakup penggunaan pada tangan, permukaan, peralatan medis, dan dalam produk-produk kesehatan. Penting untuk menggunakan alkohol dengan benar dan mematuhi pedoman kesehatan untuk memastikan efektivitasnya dalam memerangi penyebaran virus. Dengan pemahaman yang benar tentang cara alkohol bekerja dan implementasi yang tepat, kita dapat meningkatkan upaya pencegahan dan perlindungan terhadap COVID-19 dan penyakit menular lainnya.

 

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top