Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 1 )

Apa itu Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 1 )

Oktan atau Research Octane Number adalah angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar saat terjadi pembakaran. Sedangkan RON merupakan singkatan Research Octane Number, yang artinya angka oktan didapat setelah melalui hasil penelitian laboratorium.

 Knocking adalah knocking terjadi ketika bensin yang terbakar di ruang bakar tidak terbakar sempurna. Bisa dari terbakar lebih awal ataupun tidak semuanya terbakar habis sehingga terjadi pembakaran yang kasar. Efek dari knocking ini cukup beragam. Dari yang paling ringan yaitu mobil menjadi kurang akselerasinya serta konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Efek paling berat, ‘ngelitik’ bisa merusak komponen seperti piston, klep dan dinding ruang bakar di dalam mesin seiring berjalannya waktu. Gejala ngelitik bisa ditengarai dari terdengar bunyi di ruang mesin saat berakselerasi. (sumber : CARRO Blog! )

Umumnya, penggunaan bahan bakar yang mempunyai bilangan oktan_lebih tinggi dipakai pada mesin bensin yang memiliki performa tinggi dan membutuhkan rasio kompresi mesin lebih tinggi.

Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM

Oktan_memainkan peran kunci dalam mengendalikan ketukan pada mesin kendaraan, khususnya mesin bensin. Oktan_adalah salah satu metode pengukuran ketahanan bahan bakar terhadap ketukan atau detak mesin yang tidak diinginkan. Semakin tinggi angka_oktan, semakin rendah kemungkinan terjadinya ketukan. Untuk memahami pengaruh oktan_terhadap ketukan, berikut penjelasan beberapa konsep penting:

  1. Definisi Oktan pada Bahan Bakar
    • Oktan_adalah salah satu senyawa dalam campuran bahan bakar bensin.
    • Oktan_digunakan sebagai tolok ukur untuk mengevaluasi seberapa baik bensin dapat menahan ketukan atau detak mesin.
  2. Oktan Ron dan Oktan Mon:
    • Oktan_pada bensin diukur dalam dua nilai, yaitu Oktan Ron (Research Octane Number) dan Oktan Mon (Motor Octane Number).
    • Oktan Ron mencerminkan performa bensin dalam kondisi mesin ringan atau mesin yang beroperasi pada putaran tinggi.
    • Oktan Mon mengukur ketahanan bensin terhadap ketukan pada mesin yang beroperasi pada beban tinggi atau putaran mesin yang lebih rendah.
  3. Pengaruh Nilai Oktan Terhadap Ketukan:

Ketukan pada mesin mobil adalah fenomena yang terjadi saat campuran udara-bahan bakar dalam ruang bakar terbakar secara sendiri sebelum api yang dihasilkan oleh busi mencapai lokasi yang diinginkan. Fenomena ini dapat menyebabkan suara berdenting atau berdentum yang tidak diinginkan dan dapat merugikan kesehatan mesin.

Dalam konteks ini, “ketukan” atau “detonasi” merujuk pada situasi di mana pembakaran campuran terjadi secara tidak terkontrol atau prematur.

    • Semakin tinggi nilai_oktan, semakin besar kemampuan bensin untuk menahan ketukan.
    • Bahan bakar dengan oktan_tinggi mengalami pembakaran yang lebih terkontrol dan lambat, mengurangi kemungkinan terjadinya ketukan.
Illustrator : Knocking
Illustrator : Knocking
  1. Rasio Kompresi dan Ketukan:
    • Mesin dengan rasio kompresi tinggi memiliki peluang lebih besar untuk mengalami ketukan.
    • Rasio kompresi tinggi menciptakan kondisi di mana tekanan dan suhu campuran udara-bahan bakar dalam ruang bakar meningkat, meningkatkan risiko_terjadinya ketukan.
  2. Pencegahan Ketukan:
    • Pemilihan bahan bakar dengan nilai oktan_yang sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan dapat membantu mencegah ketukan.
    • Bahan bakar dengan oktan_rendah atau tidak sesuai dapat menyebabkan ketukan yang merugikan mesin dan kinerja kendaraan.
  3. Rekomendasi Produsen Kendaraan:
    • Produsen kendaraan memberikan rekomendasi nilai oktan_yang sesuai untuk digunakan dalam mesin mereka.
    • Menggunakan bahan bakar dengan oktan_sesuai membantu menjaga kinerja optimal, efisiensi, dan umur panjang mesin.

Lebih Baik Mana, Bensin Oktan Tinggi atau Biasa?

Bensin dengan angka oktan tinggi mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan oktan yang lebih rendah. Terutama dalam memaksimalkan kinerja mesin. Apakah bensin beroktan tinggi berpengaruh signifikan terhadap performa mesin mobil?

Jawabnya, belum tentu. Karena banyak faktor yang membuat performa mesin menjadi lebih kencang, tidak semata-mata berasal dari bahan bakar saja. Tidak semua mobil cocok menggunakan bensin beroktan tinggi, dalam hal ini dengan angka oktan 98-100. Karena bisa saja spek mesinnya belum siap apabila diberikan bahan bakar dengan oktan tersebut.

Artikel selanjutnya akan membahas cara mengukur nilai_Oktan

 

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

3 thoughts on “Apa itu Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 1 )”

  1. This message reached you thru your website and I can make your ad message reach millions of sites in the same way. It’s a very affordable way to advertise your business.For more information, please email me or skype me below.

    P. Stewart
    Email: lc9yjm@gomail2.xyz
    Skype: live:.cid.2bc4ed65aa40fb3b

  2. Interested in maximizing your reach? You’re reading this message and I can get others to read your ad the exact same way! Drop me an email below to learn more about our services and start spreading your message effectively!

    P. Stewart
    Email: 7g72za@gomail2.xyz
    Skype: live:.cid.2bc4ed65aa40fb3b

  3. Want Your Ad Everywhere? Reach Millions Instantly! For less than $100 I can blast your message to website contact forms globally. Contact me via skype or email below for info

    P. Stewart
    Email: pq9ezs@mail-to-form.xyz
    Skype: form-blasting

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top