Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Apa itu Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 2 )

Apa itu Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 2 )

Kita sudah membahas pengrian dari istilah Oktan dan ketukan

Apa Hubungan Oktan dengan Kualitas BBM?

Sebelum menjelaskan bahan bakar apa yang efisien untuk digunakan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu hubungan bilangan oktan dengan kualitas BBM. Keduanya tentu sangat berhubungan erat.

Bilangan oktan_memberitahukan Anda secara sederhana tentang kualitas yang dimiliki oleh suatu bahan bakar.

Sebagai contoh apabila suatu bahan bakar memiliki nilai oktan_95 maka kualitasnya dapat dikatakan tinggi. Tetapi Anda perlu tahu bahwa penggunaan BBM dengan oktan_yang tinggi tidak serta-merta memberikan dampak yang baik jika kompresi mesin yang menggunakannya tidak terlalu tinggi.

Contohnya penggunaan BBM oktan 95 untuk mobil tentu akan membuatnya menjadi efisien pada mobil yang memiliki rasio kompresi tinggi. Itu sebabnya Anda perlu mengetahui BBM dengan oktan berapa yang dianjurkan untuk mobil kesayangan.

6 Jenis BBM dan Nilai Bilangan Oktannya

Anda sudah selangkah lebih jauh dalam memahami apa itu bilangan_oktan dan hubungannya dengan kualitas BBM. Sekarang saatnya untuk belajar mengenai jenis-jenis dari bahan bakar yang ada di Indonesia beserta bilangan oktannya. Simak berbagai jenis sekaligus penjelasannya berikut ini.

1. Bahan Bakar Oktan 88

Jenis BBM satu ini cukup umum dipilih oleh masyarakat karena harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan yang lain. Namun bahan bakar dengan oktan 88 ini sendiri sudah tidak lagi dijual bebas.

Nilai oktannya yang terlalu rendah sudah tidak lagi dianjurkan untuk berbagai kendaraan bermotor baik roda dua atau roda empat.

2. Bahan Bakar Oktan 90

Jenis bahan bakar satu ini memiliki kualitas standar yang dianjurkan untuk pemakaian kendaraan beroda dua atau motor. Jenis bahan bakar ini memang terbilang cukup baik untuk membuat mesin bekerja maksimal.

3. Bahan Bakar Oktan 92

Jenis bahan bakar oktan_92 saat ini merupakan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Umumnya mobil-mobil keluaran terbaru menggunakan jenis BBM oktan_92. Jenis bahan bakar ini dikenal dengan teknologi yang dapat membersihkan bagian dalam mesin.

Jadi tidak hanya sebagai tenaga untuk membuat mesin berjalan tetapi juga sebagai pembersih yang aman bagi mesin.

Oktan dan Hubungannya dengan Kualitas BBM ( 1 )
Baca juga : Oktan_dan Hubungannya dengan Kualitas BBM 1
Kilik Disini

4. Bahan Bakar Oktan 95

Bahan bakar dengan nilai oktan_95 memiliki keunggulan lain yaitu mampu mengurangi endapan residu dalam proses pembakaran. Hal ini dapat terjadi karena bahan bakar memiliki kandungan yang berkualitas dari jenis-jenis sebelumnya. Bahan bakar oktan_95 bahkan dapat membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna.

5. Bahan Bakar Oktan 98

Bahan bakar oktan_98 tentu akan membantu proses pembakaran menjadi lebih sempurna dari jenis-jenis BBM lain. Keunggulan dari bahan bakar ini biasanya tergantung pada perusahaan yang mengeluarkannya.

6. Bahan Bakar Oktan 100

Bahan bakar oktan_100 tidak dianjurkan untuk penggunaan mobil pada umumnya. Penggunaannya lebih cocok untuk mobil balap yang harus berkendara dalam kecepatan tinggi. Nilai oktannya yang tinggi akan membawa dampak positif yakni mesin menjadi lebih responsif dan stabil hanya pada mobil dengan mesin berperforma tinggi untuk keperluan kompetisi.

Alat untuk mengukur oktan

Alat Ukur OKTAN BBM
Alat Ukur OKTAN_BBM
  1.  Oktan Analyzer PortableAlat ini digunakan untuk mengukur nilai oktan_bensin dan heksadekana diesel secara cepat, akurat, dan mudah. Nilai oktan adalah ukuran kemampuan bensin untuk menahan detonasi atau knocking saat dibakar di dalam mesin. Nilai heksadekana adalah ukuran kemampuan diesel untuk menyala dengan sendirinya saat disemprotkan ke dalam ruang bakar. Nilai_oktan dan heksadekana berpengaruh terhadap performa, efisiensi, dan emisi mesin.

 

 

2. Coordinating Fuel Research ( CFR )

Mesin Megukur OKTAN BBM
Mesin Megukur OKTAN BBM

Mesin CFR merupakan standar pengujian angka oktan ASTM D2699.

Mesin CFR komersial pertama dirancang dan dibangun dalam waktu empat puluh lima hari, dimulai pada bulan Desember 1928, sebagai mesin satu silinder standar yang akan digunakan untuk mengembangkan metode uji ketukan bensin. Pertama kali efektif dalam menciptakan standar yang diakui untuk menentukan kualitas bahan bakar, mesin ini relevan saat ini untuk penelitian dasar dalam emisi gas buang dan kesesuaian bahan bakar alternatif. Prosedur uji ketukan yang awalnya dikembangkan oleh komite CFR kini dikelola oleh American Society of Testing and Materials

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top