Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak

ORM ( Oil Remover ) : Mencuci dengan Cepat dan Mudah

Sunguh menjengkekan dan mengabiskan waktu mencuci, namun kamu tidak perlu khawatir sebab artikel kali ini akan membahas Cara Membersihkan Minyak Masak Sulit Hilang

Alasan Minyak sulit di bersihkan walaupun sudah dicuci dengan Sabun

Minyak masak memiliki sifat yang membuatnya sulit larut dalam air. Minyak bersifat nonpolar, sedangkan air bersifat polar. Sifat nonpolar minyak menyebabkan molekul minyak cenderung menarik satu sama lain dan tidak bercampur dengan air, yang bersifat polar. Oleh karena itu, ketika mencoba membersihkan minyak dengan sabun, terkadang sabun tidak dapat mengemulsifikasi atau memecah minyak dengan efektif karena ketidakcocokan sifat polar dan nonpolar tersebut.

Minyak masak seringkali sulit dibersihkan oleh sabun karena sifat minyak yang bersifat hidrofobik atau tidak larut dalam air. Sabun, pada dasarnya, terdiri dari molekul yang memiliki dua ujung berbeda, yaitu ujung hidrofobik yang menarik minyak dan ujung hidrofilik yang menarik air. Proses pembersihan dengan sabun melibatkan emulsi, di mana minyak dipecah menjadi partikel-partikel kecil yang kemudian dapat dilarutkan dalam air.

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
klik Disini

Minyak juga dapat membentuk lapisan tipis pada permukaan benda, membuatnya sulit dihilangkan hanya dengan air dan sabun biasa. Selain itu, beberapa minyak masak dapat mengandung zat-zat tertentu, seperti lemak jenuh atau residu hasil masakan, yang membuatnya lebih lengket dan sulit untuk dibersihkan.

Mengatasi Minyak Masak yang sulit dibersihkan

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak

Untuk mengatasi kesulitan ini, penggunaan bahan pembersih yang dirancang khusus untuk mengatasi minyak, seperti Oil Remover (ORM) atau pembersih khusus minyak, dapat menjadi solusi yang lebih efektif. Bahan-bahan tersebut biasanya dirancang untuk mengatasi sifat nonpolar minyak dengan lebih baik, memungkinkan penghilangan minyak secara lebih efisien.

ORM atau Oil Remover adalah bahan kimia yang di peruntukan untuk mengatasi minyak sayur yang sulit dibersihkan dengan sabun cuci piring.

Baca juga :

Keunggulan ORM

ORM mengatasi Minyak dan mencegah minyak kembali

ORM bersifat anionik, yang berarti molekulnya memiliki bagian hidrofobik (afinitas terhadap minyak) dan bagian hidrofilik (afinitas terhadap air). Struktur ini memungkinkan ORM untuk berinteraksi baik dengan minyak maupun air.

Pembentukan Micel

Saat konsentrasi ORM mencapai konsentrasi kritis micelar (CMC), molekul-molekul ORM membentuk struktur yang disebut micel. Micel adalah agregat molekul yang disusun sedemikian rupa sehingga bagian hidrofobiknya mengelilingi minyak dan bagian hidrofiliknya menghadap keluar, ke arah air. Ini membantu dalam mengemulsi minyak dan kotoran, sehingga dapat diangkat lebih mudah oleh air.

Penurunan Tegangan Permukaan

ORM bekerja dengan menurunkan tegangan permukaan antara minyak dan air. Bagian hidrofobik molekul ORM menyatu dengan minyak, sedangkan bagian hidrofiliknya menyatu dengan air. Hal ini memungkinkan minyak dan air untuk mencampur secara lebih efisien, membentuk emulsi yang mempermudah pengangkatan minyak oleh air.

Penetrasi dan Emulsi Minyak

Molekul-molekul ORM dapat menembus lapisan minyak dan kotoran, memecahnya menjadi partikel-partikel yang lebih kecil. Proses ini memfasilitasi pengangkatan kotoran oleh air, membentuk emulsi yang dapat dibilas dengan mudah.

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
Klik Disini

Cara Menggunakan ORM

  1. ORM dapat di campur dalam larutan Sabun sambil diaduk dengan bahan lainya, bahan ini sangat mudah larut dalam air
  2. ORM juga dapat cicampur langsung sengan sabun cair, tuangkan orm kedalam sabun cair sambil di aduk hingga larut
  3. ORM dapat digunakan untuk membuat produk sabun seperti :
    • Sabun Cuci Piring
    • Hand Soap
    • Pembersih lantai
    • Campuran Karbol
    • Pembersih Kaca
    dan masih banyak lagi

Kesimpulan

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
  • Membersihkan minyak masak yang sulit hilang bisa menjadi tugas yang menantang karena sifat nonpolar minyak yang tidak larut dalam air.
  • Meskipun sabun cuci piring biasa tidak selalu cukup efektif, penggunaan bahan pembersih khusus minyak, seperti Oil Remover (ORM), dapat menjadi solusi yang lebih efisien.
  • ORM bekerja dengan membentuk micel dan menurunkan tegangan permukaan antara minyak dan air, memudahkan pengangkatan minyak oleh air.
  • Dengan kemampuannya mengatasi minyak yang sulit dibersihkan, ORM dapat digunakan dalam berbagai produk pembersih rumah tangga, seperti sabun cuci piring, hand soap, dan pembersih lantai.

 

Sampai disini dulu artikel seputar ORM ( Oil Remover ) : Mencuci dengan Cepat dan Mudah. Jika anda memiliki pengalaman menarik saat menggunakan alat ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

1 thought on “ORM ( Oil Remover ) : Mencuci dengan Cepat dan Mudah”

  1. Pingback: Memperbanyak Busa Sabun dan Kekentalan Sabun - Sahabat Kimia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top