Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Corong Gelas ( Glass Funnel )

Corong Gelas : Fungsi dan Kegunaanya

Corong Gelas ( Glass Funnel )

alat laboratorium yang  digunakan untuk memudahkan dan memasukkan cairan ke dalam wadah/peralatan gelas di laboratorium.  Bentuk Alat ini mirip dengan corong biasa bedanya terbuat dari bahan kaca sehingga tahan terhadap larutan kimai asam/basa dan temperatur dingin/panas.

Corong Gelas  ini  memiliki beberapa ukuran diameter, yakni : 50, 75, 100, 150, dan 120 mm. 

Kegunaan Corong Gelas di Laboratorium

Alat yang satu ini tentu saja memiliki fungsi yang beragam di laboratorium, seperti :

  1. Alat untuk memindahkan atau memasukkan larutan dari satu wadah ke wadah lainnya
  2. Dapat alat untuk membantu memindahkan atau memasukkan larutan ke wadah ke tempat yang lebih kecil dari tempat yang besar.
  3. Alat bantu untuk melakukan penyaringan suatu zat atau bahan.
  4. Alat ini dapat juga digunakan untuk memindahkan satu larutan ke tempat lain. Dan juga untuk proses penyaringan.
  5. Digunakan untuk menyaring campuran bahan kimia dengan gravitasi.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan corong gelas sangatlah mudah sesuaikan ukuran mulut wadah/botol dengan corong gelas ( bagian ujung corong bisa masuk ke mulut botol ), kemudian tuangkan larutan dengan hati-hati kemudian angkat corong perlahan ( hati-hatian jangan samapi corong pecah atau retak karena corong terbuat dari kaca )

Penerapan Kaca Corong dalam Laboratorium dan Industri :

1.  Filtrasi : Salah satu penggunaan utama kaca corong adalah untuk proses filtrasi. Dengan menggunakan kertas saring atau saringan lainnya di dalam kaca corong, partikel-padatan dapat dipisahkan dari larutan secara efisien. Ini penting dalam proses pemurnian dan pemisahan bahan kimia dalam laboratorium dan industri.

2. Pemisahan Phases : Kaca corong juga digunakan dalam proses pemisahan fase, seperti pemisahan campuran cair-cair. Dalam teknik seperti ekstraksi cair-cair atau ekstraksi padat-cair, kaca corong memungkinkan pemisahan dua fase dengan cara yang efisien dan akurat.

3. Transfusi Cairan : Kaca corong sering digunakan untuk menuangkan cairan dari satu wadah ke wadah lainnya dengan presisi yang tinggi. Hal ini meminimalkan kemungkinan tumpahan dan memungkinkan penanganan cairan kimia dengan aman.

4. Pembuatan Larutan : Kaca corong sering digunakan dalam pembuatan larutan. Dengan menggunakannya, bahan kimia yang tepat dapat ditambahkan dengan akurat ke dalam pelarut untuk menciptakan larutan dengan konsentrasi yang diinginkan.

Corong Gelas ( Glass Funnel )
Corong Gelas ( Glass Funnel )

5. Penyaringan : Dalam industri makanan dan minuman, kaca corong digunakan untuk menyaring cairan dari partikel kasar atau tidak diinginkan. Ini penting dalam proses pembuatan minuman seperti jus, anggur, atau bir, di mana kejernihan produk akhir sangat penting.

6. Uji Pengujian : Kaca corong sering digunakan dalam uji kualitas dan analisis laboratorium. Contohnya termasuk uji penetralan untuk menentukan konsentrasi asam atau basa dalam suatu larutan.

7.  Penyulingan : Dalam proses penyulingan, kaca corong dapat digunakan untuk mengumpulkan distilat atau hasil penyulingan. Ini umumnya terjadi dalam laboratorium kimia atau dalam industri farmasi untuk pemurnian bahan kimia.

8.  Proses Reaksi Kimia : Dalam beberapa reaksi kimia, kaca corong digunakan sebagai tempat reaksi. Ini memungkinkan pengamatan visual terhadap reaksi yang terjadi dan memudahkan pemisahan produk reaksi.

Sampai disini dulu artikel seputar pengertian, fungsi dan cara menggunakan corong gelas. Jika anda memiliki pengalaman menarik saat menggunakan alat ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top