Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

kaolin clay

Kaolin Clay untuk Kecantikan

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang kaolin clay atau bahkan pernah mencobanya untuk perawatan kecantikan. Sebenarnya apa itu kaolin clay dan khasiat apa yang dimilikinya untuk kecantikan?

Kaolin clay, atau dikenal sebagai China Clay, adalah jenis clay paling lembut yang digunakan dalam perawatan kulit. Nama Kaolin berasal dari Kaoling, bukit di China tempat pertama kali ditemukan clay ini

Endapan mineral yang juga disebut dengan nama lempung cina ini biasanya memiliki warna putih, putih kecoklatan, merah, kuning, hingga putih keabu-abuan.  Tetapi bisa juga berwarna pink atau hijau tergantung pada kandungan mineral. Selain digunakan untuk porselen di China, clay ini juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk penyakit diare.

kaolin clay
kaolin clay

Kaolin clay kaya akan kaolinite, mineral yang memberikan tekstur lembut. Meskipun pH-nya netral, kelebihan warna dan tekstur lembutnya membuatnya ideal untuk campuran dengan clay lain.

Inilah beberapa manfaat luar biasa Kaolin clay untuk kecantikan kulit dan rambut :

Mengontrol Minyak

Meskipun bukan penyerap alami, Kaolin clay mampu menghilangkan sebum berlebih tanpa mengeringkan kulit, menjaga kelembaban dan membersihkan pori-pori.

Mencegah penyumbatan pori-pori kulit

mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Sebab, kaolin diketahui bekerja dengan menyerap sebum dan mencegah penyumbatan pori.

Selain itu, kandungan tersebut juga digunakan untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari pori-pori. Hal ini diyakini dapat membersihkan kulit dari minyak berlebih, kotoran, dan polusi, tanpa menyebabkan kemerahan. Menariknya lagi, kaolin juga diketahui memiliki sifat antibakteri, sehingga berguna untuk mengobati jerawat.

Membantu mencerahkan kulit

skin care yang mengandung kaolin diyakini dapat membantu memberikan efek mencerahkan kulit. Selain itu, masalah kulit lain seperti warna kulit yang tidak merata, juga dapat diatasi dengan kandungan ini. Kendati demikian, proses pemulihan masalah kulit tersebut menggunakan kaolin tidaklah instan, untuk hasil optimal.

Penggunaan rutin akan memberikan hasil maksimal dalam jangka panjang.

kaolin clay
kaolin clay

Detoksifikasi dan Eksfoliasi

Efektif membersihkan kulit dari kotoran, polusi, dan bakteri tanpa menyumbat pori-pori. Eksfoliasi ringan membantu mengangkat sel kulit mati tanpa iritasi.

Menenangkan Ruam dan Iritasi

Kaolin clay memiliki sifat menenangkan, cocok untuk mengatasi ruam atau iritasi pada kulit. Memberikan efek menyembuhkan dan meredakan gatal akibat gigitan serangga.

Shampoo Alami

Kaolin clay dapat digunakan sebagai shampoo alami. Selain membersihkan kulit kepala dari kotoran dan minyak, juga dapat memperkuat akar rambut tanpa menghilangkan minyak alami.

 

Kaolin Clay dan Bentonite Clay yang Harus Kamu Tahu!

Clay mask menjadi tren besar dalam dunia perawatan kulit, terutama karena efek detoksifikasi yang sulit dicari pada jenis masker lain. Dua jenis clay yang seringkali menjadi bahan utama dalam clay mask adalah Kaolin_Clay dan Bentonite Clay. Meskipun keduanya memberikan manfaat besar, perbedaan mendasar antara keduanya dapat mempengaruhi pilihan Anda dalam merawat kulit. Mari kita bahas perbedaan utama di antara keduanya.

Bentonite Clay

Clay jenis ini cukup populer sebagai main ingredients dalam berbagai masker. Kandungan Bentonite Clay cenderung mampu mengikat racun dalam kulit dan membersihkan pori-pori, clay jenis ini juga memiliki julukan healing clay karena kemampuan ‘menyembuhkan’ berbagai macam masalah kulit seperti jerawat, kemerahan, pori-pori tersumbat, mengontrol minyak berlebih, bagus untuk detoks kulit wajah, hingga menenangkan kulit gatal yang disebabkan oleh eczemaClay ini memiliki berbagai macam kandungan mineral yang bermanfaat seperti kalsium, zat besi, hingga magnesium.

Kaolin Clay

Jika Bentonite Clay cenderung terlalu ‘kuat’ dalam melakukan proses detoks pada kulit, Kaolin_Clay melakukan detoks dengan lebih lembut dan cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Clay jenis ini cenderung lebih mild meskipun memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Bentonite Clay. Kaolin_Clay mengandung berbagai mineral yang baik juga untuk kulit seperti silica, calcium, dan magnesium. Selain membersihkan kulit, Kaolin_Clay juga memiliki manfaat untuk meratakan warna kulit.

Pilihan antara Kaolin_Clay dan Bentonite Clay tergantung pada kebutuhan kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, Kaolin_Clay bisa menjadi pilihan ideal, sementara Bentonite Clay lebih cocok untuk kontrol minyak dan detoksifikasi intens. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan nikmati manfaat luar biasa dari clay mask favorit Anda!

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top