Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Bahan Kimia Sabun Penghingang Miinnyak

Meningkatkan Daya Bersih Sabun Cuci Piring Terhadap Minyak

Dalam kehidupan sehari-hari, sabun cuci piring menjadi elemen penting dalam menjaga kebersihan peralatan dapur. Salah satu tantangan utama yang sering dihadapi adalah kemampuan sabun cuci piring untuk membersihkan minyak secara efektif.

Bahan Kimia Sabun Penghingang Miinnyak
Bahan Kimia Sabun Penghingang Miinnyak

Minyak, terutama minyak sayur yang melekat pada peralatan masak, seringkali sulit dihilangkan dan dapat menyisakan residu yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dan inovasi untuk meningkatkan daya bersih sabun cuci piring terhadap minyak, agar proses mencuci piring menjadi lebih efisien dan efektif.

Dalam artikel ini kita akan membahas penyebab minyak sayur sulit dibersihkan dan solusi bagi kamu yang punya usaha produksi sabun cuci piring.

Penyebab Minyak Sayur sulit hilang walaupun sudah di cuci berkali-kali

Minyak sulit dibersihkan dengan sabun karena sifat alami minyak yang bersifat hidrofobik, yang berarti tidak larut dalam air.

Sabun pada dasarnya adalah senyawa surfaktan yang dapat membantu mengurangi tegangan permukaan air dan memungkinkan air untuk melarutkan minyak.

Faktor yang menyebabkan Minyak Sayur sulit di bersikan dengan sabun :

  1. Hidrofobisitas Minyak:
    Sifat hidrofobik minyak membuatnya tidak mudah bercampur atau larut dalam air. Sabun dapat membantu menciptakan emulsi minyak dan air, tetapi seringkali dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapai emulsi yang stabil.
  2. Viskositas Minyak:
    Minyak memiliki viskositas yang lebih tinggi dibandingkan air, sehingga sulit untuk memastikan bahwa sabun merata dan menembus seluruh lapisan minyak.
  3. Ikatan Molekuler Kuat:
    Minyak dapat membentuk ikatan molekuler yang kuat dengan permukaan atau bahan lain, sehingga memerlukan usaha ekstra untuk menghancurkan ikatan tersebut.
  4. Ketebalan Lapisan Minyak:
    Jika lapisan minyak sangat tebal, sabun mungkin memerlukan lebih banyak waktu dan energi untuk menembus dan membongkar lapisan tersebut.
  5. Pencemaran Minyak:
    Jika minyak tercampur dengan bahan-bahan lain, seperti partikel makanan atau debu, dapat terjadi pencemaran dan membentuk campuran yang lebih sulit untuk dibersihkan.

Cara meningkatkan daya bersih sabun cuci terhadap minyak sayur :

ABS ( Alkil benzena sulfonat )

Alkil Benzena Sulfonat ( ABS )
Alkil Benzena Sulfonat ( ABS )

adalah salah satu jenis surfaktan anionik yang merupakan komponen utama pembentuk deterjen anionik.
ABS berwujud cair dan merupakan zat aktif permukaan (surface aktive agent), zat ini menyebabkan turunnya tegangan permukaan air sehingga minyak hilang.
Namun ABS tidak ramh lingkungan dan penggunanya pun lebih bayak untuk mengatis gorengan / masakan yang menganduk lemak hewan.

Neopelex f-65

Neopelex f-65 Bahan sabun pembersih minyak
Neopelex f-65 Bahan sabun pembersih minyak

Neopelex merupakan bahan kimia yang mudah larut dalam air, Umunya digunakan dalam bidang industri sebagai bahan aktif pembuatan deterjen sintetis, dan juga sebagai bahan baku pembuat bahan pembersih seperti pembersih lantai, peralatan rumah tangga.
Surfaktan ini yang sangat susah diurai secara biologi, sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan dampak terhadap lingkungan.

Linear alkil benzena sulfonat ( LABS )

Linear Alkil Benzena Sulfonat ( LABS )
Linear Alkil Benzena Sulfonat ( LABS )

Linear Alkylbenzene Sulfonate (LAS) adalah surfaktan anionik yang banyak digunakan dalam detergen.
LAS merupakan senyawa aktif dalam detergen yang berfungsi menurunkan tegangan permukaan air sehingga dapat melepaskan kotoran yang menempel pada permukaan bahan.

 

Fpmulasi Sabun Cuci Piring
Baca juga : Resep Sabun Cuci Pirning Busa Banyak anti Minyak
Klik Disini

ORM ( Oil Remover )

ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak
ORM ( Oil Remover ) membersihkan minyak

ORM adalah sulfaktan anionik yang berfungsi murunkan tegangan permukaan air dan kandungan bahan aktifnya membantu mengangkat serta mencegah minyak sayur dan masakan berlemak untuk kembali menepel pada cuican.
Selain harganya lebih murah, ORM lebih efektif megatasi cucian bekan masakan berminyak dan berlemak.

ORM dapat di campukan ke sabun cuci piring yang sudah jadi untuk meningkatkan daya mengankat sabun terhadap minyak sayur dan masakan berlemak.

Kesimpulan

Bahan Kimia Sabun Penghingang Miinnyak
Bahan Kimia Sabun Penghingang Miinnyak
  • Dalam kehidupan sehari-hari, sabun cuci piring memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan peralatan dapur.
  • Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah kemampuan sabun cuci piring dalam membersihkan minyak, khususnya minyak sayur yang melekat pada peralatan masak. Artikel ini menguraikan bahwa minyak sulit dibersihkan dengan sabun karena sifat hidrofobiknya yang membuatnya tidak larut dalam air.
  • Beberapa faktor seperti hidrofobisitas minyak, viskositas tinggi, ikatan molekuler kuat, ketebalan lapisan minyak, dan pencemaran minyak dapat menyebabkan kesulitan dalam proses pembersihan.
  • Beberapa bahan kimia yang dapat dicampurkan kedalam resep sabun cuci pirng untuk mengatasi minyak sayur yang lengket
    ABS ( Alkil benzena sulfonat ) , Neopelex f-65, linear alkil benzena sulfonat ( LABS ), ORM ( Oil Remover )

 

Sampai disini dulu artikel seputar Meningkatkan Daya Bersih Sabun Cuci Piring Terhadap Minyak. Jika anda memiliki pengalaman menarik saat menggunakan alat ini, boleh bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top