Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Mesin Sentrifuge Centrifuge

Mesin Sentrifuge ( Centrifuge ) : Fungsi dan Kegunaanya

Mesin sentrifuge ( Mesin Centrifuge ) Alat ini berfungsi untuk memisahkan larutan kimia/ bahan organik dengan substansi dari sampel cair, seperti cairan immiscible ( campuran yang tidak dapat dicampurkan. Contohnya adalah air dan minyak).

Cara kerja Mesin ini  dengan memanfaatkan gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh putaran tinggi, mesin sentrifuge memisahkan bahan berdasarkan kerapatan, ukuran, atau massa molekul, memungkinkan pengguna untuk memperoleh sampel yang murni dan terpisah.
Adapun Prinsip dari centrifuge adalah sedimentasi, yaitu pengendapan partikel dengan massa jenis yang lebih besar, pelet, dan massa jenis yang lebih kecil, substansi. Pelet akan berada di bawah tube.

Jenis Mesin sentrifuge / Type Mesin Centrifuge berdasarkan dari kegunaannya:

1. General Purposed Centrifuge
Hematocrit Centrifuge
Hematocrit Centrifuge

Mesin ini dirancang untuk digunakan secara umum di laboratorium. Alat ini  dirancang untuk melakukan pemisahan pada sampel  yang berkaitan dengan analisis kesehatan seperti urine, serum atau cairan lain. Alat ini biasanya berkecepatan 0-3000 rpm atau lebih bergantung pada merek dan spesifikasinya ( spec)  , dan bisa menampung sampel dari 5-100 ml. Nah, pada dunia kedokteran dan analis kesehatan, jenis general purpose lah yang sering digunakan.

Jenis-Jenis Centrifuge bedasarkan fungsinya :

  1. Hematocrit Centrifuge 
Hematocrit Centrifuge
Hematocrit Centrifuge

Alat tersebut dapat menampung sampel kapiler untuk pengukuran volume hematokrit pack cell (tes kadar volume darah), dan dirancang untuk memisahkan sampel serologis dalam tabung. Jenis ini paling banyak digunakan pada bidang kedokteran, karena sangat dibutuhkan pada pemeriksaan serologis ( Serologis adalah pemeriksaan untuk mengetahui antibodi dalam darah.  Pemeriksaan antibodi,  harus menggunakan alat bernama microplate reader. Namun sebelum mengukur kadar antibodi di dalam microplate reader tersebut, Hematocrit Centrifuge menjadi alat yang sangat penting untuk melakukan pemisahan untuk zat atau organel sampel tersebut.)

 

 

 

 

2. Ultra and Refrigerated Centrifuge

Ultra and Refrigerated Centrifuge
Ultra and Refrigerated Centrifuge

alat ini dilengkapi  tambahan fitur pendingin untuk meminimalkan perubahan suhu pada sampel yang sedang diproses. centrifuge jenis ini biasa digunakan pada kebutuhan laboratorium seperti farmasi, kimia, biologi hingga kedokteran. Tipe ini dapat berputar dengan kecepatan tinggi sekitar 50.000-20.000 rpm.

Sistem pendingin akan sangat membantu dalam pemisahan pada bahan-bahan kimia, baik ekstrak tanaman maupun mikroba. Dengan adanya sistem pendingin ini pula , akan membuat sampel tetap terjaga suhunya selama alat ini bekerja, sehingga sampel semakin terjaga dan terhindar dari kerusakan.

Alat ini sangat penting dalam laboratorium. Pada refrigerated centrifuge, ia memiliki suhu yang berkisar antara -20 hingga 40 derajat celcius. Karena memiliki rentan suhu yang lebar, refrigerated ini juga cocok digunakan untuk analisis antibodi dalam tubuh, seperti RNA dan DNA.

3. Micro Centrifuge

Micro Centrifuge
Micro Centrifuge

Centrifuge Microcentrifuge atau Microfuges hanya menampung larutan sampel ukuran mini sekitar 0,5-2,0 ml dalam microtubes dengan kecepatan tinggi. Volume microtubes yang digunakan pada microcentrifuge ini berkisar antara 0.5-2.0 ml. Microcentrifuge sering disebut juga dengan blood bank centrifuge, yang dirancang atau dibuat khusus untuk pemakaian spesifik di laboratorium klinik. Micro centrifuge bisa digunakan untuk berbagai macam sampel dengan bobot yang sedikit. Dalam bidang penelitian, jenis ini biasa digunakan pada sampel darah.

Tabung Sentrifuge ( Tabung Centrifuge)
Baca Juga: Tabung Sentrifuge
Klik Disini

Keunggulan mesin sentrifuge terletak pada kecepatan dan efisiensinya. Dengan putaran yang tinggi, mesin ini dapat memisahkan bahan dalam waktu singkat, meningkatkan produktivitas dan efisiensi proses. Selain itu, mesin sentrifuge juga memungkinkan pemisahan yang lebih tepat dibandingkan dengan metode pemisahan lainnya, karena memanfaatkan gaya sentrifugal yang kuat.

Mesin sentrifuge juga hadir dalam berbagai desain dan kapasitas, mulai dari model desktop untuk penggunaan laboratorium hingga mesin industri besar untuk aplikasi skala besar. Desain yang beragam memungkinkan mesin sentrifuge untuk digunakan dalam berbagai skenario, dari penelitian kecil hingga produksi massal.

Meskipun memiliki banyak keunggulan, mesin sentrifuge juga memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, mesin ini membutuhkan sumber daya energi yang signifikan untuk menjaga putaran tinggi, sehingga dapat menghasilkan biaya operasional yang tinggi. Selain itu, beberapa jenis mesin sentrifuge mungkin memerlukan perawatan dan kalibrasi yang teratur untuk menjaga kinerja optimal.

Kesimpulan

Mesin sentrifuge ( Mesin Centrifuge ) merupakan alat yang sangat penting dalam berbagai industri dan penelitian ilmiah. Dengan kemampuannya yang efisien dalam pemisahan bahan berdasarkan prinsip sentrifugal, mesin sentrifuge memungkinkan pengguna untuk memperoleh sampel yang murni dan terpisah dengan cepat dan akurat. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, mesin sentrifuge akan terus menjadi alat yang tak tergantikan dalam memfasilitasi proses pemisahan dalam berbagai konteks industri dan penelitian.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top