Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Metanol atau Spiritus

Metanol atau Spiritus : Fungsi dan Kegunaan

Metanol atau Spiritus adalah senyawa berbentuk cairan bening dengan bau menyengat layaknya alkohol. Kadar Metanol yang di jual ditoko kimia umumnya 99%

Metanol kerap disebut sebagai wood alcohol. Hal ini karena produksinya melalui proses penyulingan kayu yang mengkombinasikan antara gas karbon monoksida dan hidrogen dengan adanya katalis. Namun, di Indonesia sendiri pembentukannya umumnya didasarkan pada gasifikasi batubara atau sintesis gas alam.

Metanol juga memiliki sifat beracun dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem saraf dan organ tubuh manusia jika dikonsumsi. Bahkan, menurut Chemwatch.net, sedikit jumlah dari unsur ini saja sudah sangat beracun. Apabila manusia menelan 10 ml metanol murni, maka ia berkemungkinan mengalami kebutaan permanen. Sementara, 60-200 ml dapat membuat orang dewasa tewas.

Perbedaan Etanol dan Metanol

Singkatnya, keduanya sama-sama alkohol, tetapi Alkohol/ etanol terbuat dari pati dan gula yang terfermentasi seperti dalam biji-bijian sedangkan metanol terbuat dari gas alam, batu bara, dan biomassa.

Struktur molekul mereka sedikit berbeda, namun kedua sifat sangat bertolak belakang. Perbedaan yang paling penting adalah bahwa etanol adalah bentuk alkohol yang dapat diminum, sedangkan metanol akan berbahaya dan beracun jika dikonsumsi.

Kegunaan Metanol atau Spiritus sebagai berikut :

Anti Beku

Metanol memiliki sifat kimia yang memungkinkannya untuk menurunkan titik beku cairan berbasis air dan meningkatkan titik didihnya. Sehingga ia memiliki manfaat sebagai anti beku dalam sejumlah alat atau mesin.

Unsur kimia ini juga disuntikkan dalam pipa gas alam, di mana ia menurunkan titik beku air selama perpindahan minyak dan gas.

Contoh Sederhana, tambahan pada cairan pencuci kaca mobil untuk mencegahnya tidak membeku dan penghilang minyak yang disebabkan asap kendaraan.

Pelarut

Metanol sebagai bahan pelarut untuk  membuat tinta, resin, perekat, dan pewarna.

Bahan Bakar

Metanol memiliki sifat-sifat yang dapat meningkatkan indeks oktan bensin ketika digunakan sebagai aditif. Berikut beberapa cara metanol dapat berkontribusi dalam meningkatkan oktan bensin:

  1. Resistensi terhadap Ketukan: Metanol memiliki resistensi terhadap ketukan yang baik. Ketika metanol dicampur dengan bensin, dapat mengurangi kecenderungan bensin untuk mengalami ketukan selama proses pembakaran di dalam mesin.
  2. Peningkatan Rasio Kompresi: Metanol dapat memungkinkan mesin menggunakan rasio kompresi yang lebih tinggi tanpa mengalami ketukan yang signifikan. Rasio kompresi yang lebih tinggi dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dan kinerja mesin secara keseluruhan.
  3. Penurunan Temperatur Pembakaran: Metanol memiliki titik nyala yang lebih rendah dibandingkan bensin. Saat metanol disemprotkan ke dalam saluran masuk udara, ia dapat mengurangi suhu campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar mesin, mengurangi risiko ketukan.

Pemanas

Metanol adalah bahan bakar pembakaran bersih untuk boiler industri, kiln, tungku pemanas dan kompor memasak. Boiler industri berfungsi untuk menghasilkan panas dan uap. Sementara, kiln memiliki manfaat untuk memproduksi keramik, tembakau kering, dan berbagai makanan.

Transisi bahan bakar yang lebih bersih ini dapat berdampak positif pada kualitas udara lokal dan kesehatan manusia di sekitarnya.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top