Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Perbedaan Trisodium Citrate Vs Citric Acid

Perbedaan Citric Acid dengan Sodium Citrate

Perbedaan Antara Citric Acid dan Sodium Citrate

Citric Acid dan Sodium Citrate adalah dua senyawa yang sering digunakan dalam industri makanan dan minuman. Meskipun keduanya terkait dengan asam sitrat, mereka memiliki perbedaan signifikan dalam komposisi kimia, sifat fisik, dan penggunaan praktis. Artikel ini akan membahas perbedaan mendasar antara citric acid dan sodium citrate.

Komposisi Kimia

  • Citric Acid : Merupakan asam organik yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan lime. Rumus kimianya adalah C6H8O7.
  • Sodium Citrate : Ini adalah garam natrium dari asam sitrat, dihasilkan melalui proses netralisasi citric acid dengan natrium hidroksida. Rumus kimianya, tergantung pada bentuknya, dapat direpresentasikan sebagai Na3C6H5O7.

Sifat Fisik

  • Citric Acid : Biasanya berbentuk kristal padat, sering berwarna putih atau transparan. Bersifat asam dan larut dalam air.
  • Sodium Citrate : Biasanya berbentuk serbuk kristal atau butiran yang larut dalam air. Tergantung pada jenisnya, sodium citrate dapat bersifat basa, netral, atau asam dalam larutan.

Penggunaan

  • Citric Acid : Digunakan dalam makanan dan minuman sebagai bahan pengawet, pengasam, atau untuk memberikan rasa asam. Juga sering digunakan dalam industri farmasi dan kimia.
  • Sodium Citrate : Digunakan dalam makanan dan minuman sebagai pengatur keasaman, pengemulsi, atau bahkan sebagai zat pembentuk gel dalam beberapa aplikasi. Ditemukan dalam produk seperti saus, keju, dan minuman berkarbonasi.

Reaksi Kimia

  • Citric Acid : Bersifat asam, dapat berpartisipasi dalam reaksi asam-basa. Dalam beberapa kasus, dapat berfungsi sebagai chelating agent.
  • Sodium Citrate : Merupakan garam natrium, dan dalam larutan, dapat memberikan sifat basa. Dalam kondisi tertentu, juga dapat berpartisipasi dalam reaksi kimia yang melibatkan ion natrium.

Kegunaan dalam Industri

  • Citric Acid : Penting dalam industri makanan dan minuman untuk meningkatkan rasa, mengatur pH, dan sebagai pengawet alami. Digunakan dalam produksi minuman berkarbonasi, permen, dan makanan olahan.
  • Sodium Citrate : Digunakan sebagai bahan tambahan makanan untuk meningkatkan stabilitas dan tekstur dalam berbagai produk seperti keju, es krim, dan saus.
Perbedaan Trisodium Citrate Vs Citric Acid
Klik Disini

Kesimpulan

Citric_acid dan sodium_citrate, meskipun berasal dari asam sitrat, memiliki perbedaan yang mencolok dalam komposisi kimia, sifat fisik, dan penggunaan praktis. Memahami perbedaan ini penting dalam industri makanan dan minuman, serta dalam pemahaman umum tentang senyawa kimia yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top