Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Manfaat dari Aquades dengan TDS 0

Aquades, juga dikenal sebagai air destilasi, merupakan air murni yang dihasilkan melalui proses destilasi. Air ini bebas dari kontaminan dan mineral, menjadikannya cocok untuk berbagai aplikasi, termasuk laboratorium, industri, dan penggunaan rumah tangga. Artikel ini akan menjelaskan proses pembuatan aquades serta berbagai penggunaannya yang luas.

Aquades mempunyai TDS 0, TDS adalah Total Dissolve Solid atau maksudnya jumlah zat padat terlarut.

Proses Pembuatan Aquades

Mineral terlarut dalam air - TDS (total dissolved solids)
Mineral terlarut dalam air – TDS (total dissolved solids)

1. Penyaringan Awal:

  • Proses dimulai dengan pengambilan air dari sumber yang bersih. Air kemudian melewati penyaringan awal untuk menghilangkan partikel besar, seperti pasir dan kerikil, yang dapat mengotori air.

2. Distilasi:

  • Proses distilasi adalah langkah kunci dalam pembuatan aquades. Ini melibatkan pemanasan air hingga mendidih, mengubahnya menjadi uap, dan kemudian mendinginkannya kembali menjadi cairan dalam kondisi yang terkendali. Uap yang dihasilkan diarahkan melalui kondensor yang mendingin dan mengembalikannya menjadi air cair. Proses ini secara efektif menghilangkan sebagian besar kontaminan, termasuk bakteri, virus, mineral, dan zat-zat terlarut lainnya.

3. Deionisasi:

  • Setelah distilasi, aquades dapat melewati proses deionisasi untuk menghilangkan ion-ion yang masih ada. Proses ini menggunakan resin penukar ion yang menarik dan menangkap ion-ion positif dan negatif yang tersisa dalam air.

4. Karbon Aktif:

  • Beberapa sistem pembuatan aquades melibatkan filtrasi menggunakan karbon aktif untuk menghilangkan zat-zat organik yang dapat memberikan rasa atau bau pada air.

5. Penyimpanan:

  • Setelah proses distilasi dan perlakuan tambahan selesai, aquades disimpan dalam wadah yang bersih dan tahan air untuk mencegah kontaminasi selama penyimpanan dan distribusi.

Baca juga : Pengertian dari Air keras atau Air Sadah

TDS Meter untuk mengukur Zat terlarut dalam air
TDS Meter untuk mengukur Zat terlarut dalam air

Penggunaan Aquades

1. Laboratorium dan Industri:

  • Analisis Kimia: Digunakan dalam laboratorium untuk persiapan larutan standar dan analisis kimia yang memerlukan air murni.
  • Industri Farmasi: Dalam produksi obat-obatan, aquades digunakan untuk mencampur bahan-bahan yang memerlukan air bebas kontaminan.

2. Industri Elektronik:

  • Produksi Semikonduktor: Air murni kritis dalam produksi semikonduktor untuk mencegah kontaminasi pada chip dan sirkuit terkait.

3. Penggunaan Medis:

  • Sterilisasi Alat Kesehatan: Aquades sering digunakan untuk membersihkan dan sterilisasi peralatan medis yang membutuhkan air murni.
Aquades TDS 0
Aquades TDS 0
Klik Disini

4. Industri Kimia:

  • Produksi Zat Kimia: Dalam beberapa proses kimia, air yang bebas kontaminan sangat penting untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

5. Baterai dan Sistem Pendingin:

  • Industri Baterai: Dalam produksi baterai, aquades digunakan sebagai pelarut dan sebagai bahan untuk elektrolit.
  • Sistem Pendingin: Aquades juga dapat digunakan dalam sistem pendingin di mana air murni diperlukan untuk mencegah endapan mineral yang dapat merusak peralatan.

6. Penggunaan Rumah Tangga:

  • Pengisian Baterai Besar: Digunakan untuk mengisi baterai aki dan baterai lain yang membutuhkan air demineralisasi.
  • Mengisi Ulang Steam Iron: Air murni membantu mencegah penumpukan kerak pada setrika uap.

7. Pembersihan Optik:

  • Pembersihan Kacamata dan Lensa Optik: Aquades dapat digunakan untuk membersihkan kacamata dan lensa optik tanpa meninggalkan residu.

8. Aman Diminum :

  • Air demineral adalah air minum yang diproduksi secara artifisial (buatan) dan telah melalui proses distilasi dan deionisasi. Definisi tersebut yakni menurut badan kesehatan dunia WHO. Biasanya air demineral memiliki pH antara 5-7,5,” imbuh Prof Ari Fahrial Syam
  • Sumber infomasi Konsumsi Air Demineral Jangka Panjang Tak Disarankan (Univesitas Indonesia )
Aquades mempunyai TDS 0
Aquades mempunyai TDS 0
Klik Disini

Keuntungan Aquades:

1. Kemurnian Tinggi:

  • Aquades memiliki kemurnian tinggi karena melalui proses distilasi dan perlakuan tambahan, menjadikannya cocok untuk aplikasi yang memerlukan air bebas kontaminan.

2. Keamanan dan Sterilitas:

  • Dalam industri medis, penggunaan aquades memastikan keamanan dan sterilisasi yang diperlukan untuk peralatan dan prosedur medis.

3. Mengurangi Resiko Kerusakan Peralatan:

  • Aquades membantu mengurangi risiko kerusakan peralatan yang disebabkan oleh endapan mineral dan kontaminan lainnya.

Tantangan dan Pertimbangan:

1. Energi dan Biaya Produksi:

  • Proses distilasi memerlukan energi yang signifikan, dan produksi aquades bisa menjadi lebih mahal dibandingkan dengan air biasa.

2. Ketersediaan:

  • Di beberapa wilayah, ketersediaan air bersih dan teknologi untuk memproduksi aquades mungkin terbatas.

Kesimpulan :

Aquades, sebagai air murni hasil distilasi, memiliki aplikasi yang luas dalam berbagai industri dan lingkungan rumah tangga. Proses pembuatan melibatkan tahapan kritis untuk memastikan kemurnian dan kebersihan air. Keuntungan penggunaan aquades meliputi kemurnian tinggi, keamanan, dan kemampuannya untuk mengurangi risiko kerusakan peralatan. Meskipun ada tantangan dalam produksi dan biaya, manfaat yang diberikan oleh air murni ini membenarkan penggunaannya dalam konteks yang membutuhkan kualitas air yang sangat tinggi.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top