Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Soium_Thiosulfate

Sodium Thiosulfate : Menghilangkan kaporit di Air

Sodium Thiosulfate, atau dikenal sebagai natrium tiosulfat, adalah senyawa kimia yang memiliki peran pentingdalam berbagai industri dan aplikasi. Dengan rumus kimia Na2S2O3, senyawa ini terdiri dari natrium (Na), belerang (S), dan oksigen (O). Di toko kimia Sodium Thiosulfate sebagai penghilang bau Kaporit

Artikel ini akan menjelaskan berbagai fungsi dan kegunaan sodium thiosulfate yang melibatkan industri fotografi, pemrosesan air, pengolahan limbah, pengobatan medis, analisis kimia, pertanian, serta aplikasinya dalam pembersihan alikuat dan logam, serta pemurnian emas dan perak.

Sodium Thiosulfate biasa digunakan menghilangkan kaporit di air atau biasa disebut anti klorin

Soium_Thiosulfate menghilangkan kaporit
Klik Disini

Sebelum mengganti air kolam atau akuarium ikan, baiknya dilakukan pengendapan air selama 24 jam. Untuk 60 Liter air baiknya digunakan 1 sendok makan dan menunggu hingga 30-45 menit, selanjutnya ikan bisa langsung dimasukan ke dalam kolam atau akuarium.

Fotografi

Sodium thiosulfate memiliki peran kunci dalam industri fotografi sebagai agen fiksasi. Setelah proses pengembangan film fotografi, sisa larutan pengembang perlu dihilangkan untuk mencegah perubahan warna atau kerusakan pada citra yang dihasilkan. Sodium thiosulfate bertindak sebagai agen fiksasi yang memastikan bahwa reaksi pengembangan dihentikan secara efektif, menciptakan gambar yang tahan lama.

Pemrosesan Air dan Pengolahan Limbah

Dalam pemrosesan air, sodium thiosulfate digunakan untuk menghilangkan klorin dan kloramina dari air minum, yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Selain itu, dalam pengolahan limbah industri, senyawa ini berperan dalam menghilangkan residu klorin dari limbah, mencegah pencemaran lingkungan.

Pengobatan Medis

Soium_Thiosulfate
Klik Disini

Sodium thiosulfate memiliki aplikasi medis, terutama dalam kasus keracunan sianida. Senyawa ini berperan sebagai agen pengikat sianida, mengurangi tingkat toksisitas sianida dalam tubuh, dan digunakan sebagai bagian dari protokol penanganan darurat.

Analisis Kimia

Dalam laboratorium kimia, sodium thiosulfate digunakan sebagai bahan reduktor atau penetrasi dalam analisis kuantitatif dan kualitatif. Partisipasinya dalam proses titrasi membantu dalam menentukan konsentrasi zat tertentu dalam suatu larutan dengan akurat.

Pertanian

Sodium thiosulfate mendukung pertanian dengan menyediakan sulfur, unsur esensial bagi pertumbuhan tanaman. Digunakan sebagai pupuk, senyawa ini membantu tanaman untuk berkembang dengan optimal.

Pembersihan Alikuat dan Logam

Dalam industri kimia, sodium thiosulfate digunakan untuk membersihkan alikuat, larutan hasil ekstraksi, dengan menghilangkan residu logam berat seperti kromium. Proses ini memastikan keberlanjutan produksi dan mengurangi dampak lingkungan.

Soium_Thiosulfate
Klik Disini

Pemurnian Emas dan Perak

Sodium thiosulfate juga terlibat dalam proses pemurnian emas dan perak. Senyawa ini membantu melarutkan logam mulia tersebut, memungkinkan pemurnian yang lebih lanjut untuk menghasilkan hasil yang lebih murni dan bernilai tinggi.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan sodium thiosulfate harus mematuhi pedoman keamanan yang ketat, mengingat sifat kimianya yang dapat berinteraksi dengan bahan-bahan lain. Sebelum mengaplikasikan senyawa ini, konsultasikan dengan ahli kimia atau pakar terkait untuk memastikan penggunaan yang aman dan efektif sesuai dengan kebutuhan spesifik. Sodium thiosulfate, dengan fungsi dan kegunaannya yang beragam, tetap menjadi bahan kimia yang berperan penting di berbagai sektor industri.

Sodium Thiosulfate 10-40%
Klik Disini

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top