Mengulas Seputar Manfaat dan Kegunaan Bahan Kimia yang Dijual Toko Kimia

Tawas ( aluminium sulfat ) pemutih ketiak

Tawas ( Aluminium Sulfat Sulfate ) : Fungsi dan Kegunaannya

Tawas atau aluminium sulfat adalah senyawa kimia yang telah lama digunakan dalam berbagai bidang, termasuk kecantikan, perawatan pribadi dan juga penjeni air.

Berikut adalah beberapa kegunaan utama Tawas atau aluminium sulfat

Deodoran Alami

Tawas ( aluminium sulfat ) bahan dedorant
Tawas ( aluminium sulfat ) bahan dedorant

Salah satu kegunaan utama tawas adalah sebagai bahan aktif dalam pembuatan deodoran alami. Tawas bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan. Pemakaian tawas dalam deodoran memberikan perlindungan yang efektif tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Pengontrol Keringat

Tawas juga digunakan sebagai pengontrol keringat. Dengan sifat antiperspirantnya, tawas membantu mengurangi produksi keringat pada area tubuh tertentu, menjadikannya solusi yang efektif untuk mengatasi masalah kelembaban berlebih.

Pengobatan Jerawat

Beberapa orang menggunakan tawas sebagai pengobatan jerawat. Sifat astringentnya membantu menyusutkan pori-pori kulit dan mengurangi minyak berlebih, membantu mengatasi jerawat dan komedo.

Pemutih Kulit Alami

Tawas ( aluminium sulfat ) pemutih ketiak
Tawas ( aluminium sulfat ) pemutih ketiak

Tawas dapat digunakan sebagai pemutih kulit alami. Beberapa produk perawatan kulit mengandung tawas untuk membantu meratakan warna kulit dan mengurangi pigmentasi yang tidak diinginkan.

Mengatasi Gatal Akibat Gigitan Serangga

Khasiat tawas juga terlihat dalam mengatasi gatal akibat gigitan serangga. Oleskan tawas pada area yang tergigit untuk membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Penggunaan dalam Pengolahan Air

Secara industri, tawas digunakan dalam pengolahan air untuk membantu mengendapkan partikel-partikel padatan dan meningkatkan kejernihan air.

Tawas ( aluminium sulfat ) penjenih air
Tawas ( aluminium sulfat ) penjenih air

Pembersih Logam

Tawas dapat digunakan sebagai bahan pembersih untuk logam. Larutan tawas dapat membantu membersihkan noda dan karat pada permukaan logam.

Pembuatan Kertas 

Dalam industri kertas, tawas, atau alum, umumnya digunakan sebagai agen koagulasi selama proses pembuatan kertas. Fungsinya utama adalah untuk mendorong penggumpalan partikel halus dan kotoran dalam bubur kertas, memudahkan penghilangannya, dan meningkatkan kejernihan serta kualitas produk kertas akhir. Alum membantu meningkatkan drainase dan pembentukan kertas.

Proses Pewarnaan kain

Selain itu, tawas juga digunakan dalam industri tekstil untuk pewarnaan kain. Tawas berperan sebagai mordan, yaitu zat yang membantu mengikat pewarna ke serat kain, meningkatkan retensi warna, dan memastikan bahwa pewarna menempel dengan efektif pada material tersebut. Penggunaan tawas dalam proses pewarnaan berkontribusi pada kecerahan dan daya tahan warna pada tekstil. Secara keseluruhan, sifat serbaguna tawas membuatnya berharga dalam berbagai proses industri, termasuk pembuatan kertas dan pewarnaan kain.

Tawas ( aluminium sulfat )
Tawas ( aluminium sulfat )

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, Semoga Artikel ini Bermanfaat, berilah komental bila Anda 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Scroll to Top